Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
6 Tempat Wisata Alam Paling Menarik Di Pangkalan Bun

6 Tempat Wisata Alam Paling Menarik Di Pangkalan Bun

Pernah dengar nama kota Pangkalan Bun? Mungkin jarang ya atau hampir nggak pernah?, Pangkalan bun kabupaten apa? Jadi Kota Pangkalan Bun ini terletak di Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah.

Selain memiliki susunan kota yang rapi, Pangkalan Bun yang terletak di selatan pulau Kalimantan ini Di juluki sebagai kota manis, Kota ini memiliki banyak keindahan tempat wisata yang natural maupun buatan manusia yang mampu menarik turis mancanegara.

Walaupun jarang ter ekspos ke social media kota ini cukup populer di kalangan wisatawan Mancanegara. Berkat keindahan Hutan yang alami dan Fauna asli Indonesia, mereka rela datang jauh dari Negara mereka demi melihat alam yang natural.

Kenapa si kok dinamakan “kota manis” ? Mungkin karena Sikap penduduk nya yang ramah, Kotanya yang bersih, rapi, dan memiliki banyak tempat Wisata menarik yang bagus untuk dikunjungi.

Tetapi Kota Manis ini merupakan sebuah singkatan yaitu Minat, Aman, Nikmat, Indah, dan Segar. Dan Semboyan itulah yang ada sampai sekarang dan menjadi ciri khas kota kecil tersebut. Tak heran jika setiap tahunnya kota tersebut selalu mendapat penghargaan Adipura, Karena memang

Berikut ini adalah 6 tempat wisata alam paling menarik di Pangkalan Bun yang akan saya berikan kepada kalian jika ingin berkunjung.

Daftar Rekomendasi Wisata Menarik Di Kota Pangkalan Bun

1. Taman Nasional Tanjung Puting

Taman Nasional Tanjung Puting

Taman Nasional Tanjung Puting atau kerap di sebut TNTP inilah yang menjadi daya tarik wisatawan mancanegara. kenapa?, Karena kamu akan dimanjakan oleh alam yang natural hawa yang sejuk dan pemandangan yang indah.

Memiliki Luas sekitar 400.000 Hektar, Di TNTP Terdapat beragam flora dan fauna yang masih ada dan cukup langka atau hanya ada di Indonesia, Contohnya Orang Utan, Burung khas Kalimantan yaitu burung Rangkong, dan Beberapa spesies primata atau sejenis kera yang hidup damai di dalam hutan.

Saat memasuki sungai Sekonyer kamu sudah bisa menikmati keindahan alam di kiri dan kanan mu, Karena benar ini adalah hutan yang asli tanpa gangguan para penebang  liar.

Untuk menuju Taman Nasional Tanjung Puting tepatnya di Camp Leakey kamu harus menggunakan Kapal Kecil atau masyarakat sekitar biasa menyebutnya Klotok.

Dengan jarak tempuh yang lumayan memakan waktu sekitar 4 Jam, Kamu tidak akan akan rugi karena akan melihat hewan liar yang berada di sekitar seperti Bekantan, Owa-owa, dan yang paling ekstrem Buaya berjemur.

Biaya nya cukup beragam, JIka kamu seorang diri maka semakin mahal  karena harus menyewa Tour Guide, dan Kapalnya.

2. Gosong Senggora

Wisata Alam Gosong Senggora

Tempat wisata menarik di pangkalan bun yang satu ini masih tergolong baru, Karena memang belum banyak yang datang kesana, tetapi Sudah memikat Wisatawan mancanegara lagi.

Wisata Bahari yang satu ini dirasa cukup mampu jika harus bersaing dengan Pariwisata Internasional selain Tanjung Puting tadi.

Selain keindahan pasir putihnya yang terbentang luas, Di Gosong Senggora kita juga bisa snorkeling sembari menikmati keindahan bawah lautnya. Seperti Terumbu Karang, Penyu, dan Rumput Laut.

Padang lamun ini dipercaya sebagai habitat Dugong atau duyung. Untuk perjalanan menuju Gosong senggora memakan waktu sekitar 1,5 jam jika kamu menggunakan speedboat dan sekitar 3 jam an jika menggunakan perahu nelayan, dihitung dari Pelabuhan Panglima Utar Kumai.

Menurut Para Guide Waktu berkunjung yang paling bagus adalah di bulan Juli dan Agustus, Karena Cuaca dan Musim nya yang mendukung Kamu bisa berlama-lama disana.

3. Tanjung Keluang

Wisata Alam Tanjung Keluang

Wisata Alam yang satu ini tak Kalah menarik dengan Wisata Alam yang ada di Bali, Jika di Bali terdapat banyak pantai yang indah dan di Tanjung puting terdapat orang utan, Di Tanjung Keluang Kamu dapat melihat penyu. Tanjung keluang merupakan tempat konservasi Penyu, tak heran jika kamu akan melihat banyak jenis penyu sisik, bahkan jika beruntung ada penyu hijau berenang di bibir pantai.

Wisata bahari yang satu ini terletak berseberangan dengan Pantai Kubu, dan untuk menyebrang pun kamu memang harus lewat pantai kubu. Menyewa klotok seharga kurang lebih 30.000 IDR/pax sudah bisa pulang pergi, dan tiket masuk nya sekitar 10.000-15.000 IDR/paxnya. Tak perlu biaya mahal untuk menikmati keindahan Alam yang menarik.

4. Teluk Bogam

Wisata Alam Teluk Bogam

Pantai Teluk bogam atau biasa di sebut Tanjung Penghujan merupakan salah satu pantai yang menjadi favorit di kalangan masyarakat lokal, selain Pantai kubu. Terletak cukup jauh dari pantai Kubu dan tempatnya yang terpencil karena memang berada di ujung, Keindahannya cukup terjaga dan ketika laut sedang surut terdapat banyak Gosong yang timbul di tengah laut.

Berbeda dengan Pantai Kubu, Pantai ini tidak terlalu banyak warung yang berjualan makanan seperti seafood, tetapi tidak perlu khawatir karena masih ada warung kecil yang berjualan Kelapa Muda dan Cemilan.

Keunikan yang terdapat di Pantai Teluk Bogam adalah Kamu dapat menikmati sunset dan sunrise di satu tempat saja, cukup unik bukan. Tidak perlu pergi jauh untuk melihat Sunset dan Sunrise secara langsung.

5. Taman Kota Pangkalan Bun

Wisata Taman Kota Pangkalan Bun

Jika kamu sudah lelah bermain di sekitar Laut kenapa tidak coba mengunjungi Alun-Alun Pangkalan bun ? Wisata menarik yang satu ini termasuk ke dalam wisata sejarah, Karena terdapat Pesawat tempur milik Republik Indonesia yang di pajang di atas Tugu.

Pesawat yang bertuliskan RI-002 menjadikan tempat ini selalu ramai dan tak pernah sepi pengunjung, Monumen ini dinamakan Monumen Palagan Sambi. Dulunya pernah digunakan untuk pendaratan saat masa penjajahan.

Dan ujung yang satunya lagi terletak di desa Sambi kabupaten Kotawaringin Barat. Selain pesawat disana juga ada Bundaran Pancasila, Karena di atas tugu yang tinggi terdapat patung Garuda dan berisi Sila-sila dalam pancasila.

Tak hanya keindahan Monumennya, disana kamu juga dapat mencicipi kuliner atau jajanan khas yang hanya ada di pangkalan bun, seperti Krupuk Basah bakar. Dan lain-lain,

Untuk bersantai pun kamu tidak perlu bingung karena terdapat banyak Café Unik dan Hits yang berada di Lingkup alun-alun.

6. Sungai Arut

Wisata Alam Sungai Arut

Sungai kok jadi tempat wisata menarik, Menariknya dimana nih? Nah berbeda dengan kota yang berada di Indonesia, di pangkalan bun kamu akan dimanjakan oleh keindahan wisata buatan yang terdapat di pinggiran sungai.

Mulai dari Café, Spot foto dan hiasan menarik lainnya. Selain di pinggir sungai ada juga Kampung pelangi yang sering dijadikan sebagai spot foto. Wisata sungai arut sangat populer

Kegiatan seru di sungai arut lainnya adalah kamu dapat menyusuri sungai arut dengan menggunakan perahu kecil atau biasa disebut Getek oleh warga sekitar. Kamu dapat melihat aktivitas warga di sekitar sungai, melihat bekantan, dan menyaksikan sunset dari atas sungai arut.

Biayanya pun cukup terjangkau, cukup dengan menyewa getek seharga 50.000 IDR saja untuk sekali perjalanannya.


Nah tadi itulah 6 tempat wisata alam paling menarik di Pangkalan Bun, walaupun tergolong kota yang kecil kota ini menyimpan banyak keindahan alam yang masih natural dan terjaga. Jadi gimana apa kamu tertarik untuk berkunjung kesini?.

3 komentar untuk "6 Tempat Wisata Alam Paling Menarik Di Pangkalan Bun"