Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sang Danau Legenda yang Memikat Mata - Wisata Alam Danau Toba

Wisata Alam Danau Toba merupakan salah satu kawasan wisata danau yang terkenal di Indonesia, keindahan dan kecantikan kawasan wisata tersebut sudah bukan pembicaraan belaka, dibalik wisata alamnya yang memukau, danau ini memiliki cerita nusantara yang melegenda. Yuk kita simak seperti apa Sang Danau Legenda yang Memikat Mata itu.

Wisata Alam Danau Toba

Secara ilmiah Danau Toba merupakan danau yang terbentuk karena adanya letusan gunung berapi aktif yaitu Gunung Toba, dilansir dari goodnewsfromindonesia.id Gunung Toba ini Meletus pada 73.000 Tahun silam. Selain kerusakan yang dahsyat, meletusnya Gunung Toba ini menimbulkan perubahan iklim global sehingga letusan ini tergolong kedalam Supervolcano.

Letusan Gunung Toba ini merupakan letusan gunung berapi terbesar yang pernah ada, kedahsyatan letusan gunung ini bahkan jauh lebih besar dari letusan Gunung Krakatau yang memiliki daya ledak hingga 150 megaton TNT, material abu vulkanik yang dihasilkan menyebar ke seluruh atmosfer bumi hingga menghalangi cahaya matahari selama 6 tahun.

Dari letusan dahsyat tersebut kemudian menyebabkan adanya kawah yang besar dan terisi oleh air hingga terbentuk menjadi danau yang dikenal dengan wisata alam Danau Toba yang termasuk ke dalam danau terbesar di Indonesia dan di tengah danau ini terdapat pulau yang terkenal yaitu Pulau Samosir yang disinyalir merupakan awal mula lahirnya suku Batak.

Danau Toba merupakan salah satu destinasi ikonik khas Sumatera Utara. Sayangnya dahulu kala, keberadaan Danau Toba dinilai masih kurang berhasil memikat minat wisatawan untuk datang berkunjung dikarenakan akses dan infrastruktur yang belum memadai.

Oleh karena itu pada tahun 2016 pemerintah pusat dan daerah pun akhirnya bersama-sama membenahi akses menuju Danau Toba dengan membangun dan memperbaiki sejumlah infrastruktur. Kini, para wisatawan lokal dan manca negara yang ingin mengunjungi Danau Toba tidak lagi bingung. Sebab, aksesbilitas ke Danau Toba sudah cukup memadai dan dapat diakses melakui udara, darat, dan danau.

Lokasi Wisata alam Danau Toba

Lokasi Wisata alam Danau Toba

Danau Toba ini berlokasi di Provinsi Sumatera Utara, Indonesia. Danau ini memiliki Panjang sekitar 100 km dan lebar 30 km dan dikelilingi oleh Gunung Toba, di tengah danau ini terdapat sebuah pulau yang dinamakan Pulau Samosir, selain itu danau ini termasuk ke beberapa Kabupaten diantaranya Kabupaten Samosir, Karo, Toba Samosir, Tapanuli Utara, Simalungun, Dairi, dan Humbang Hasundutan.

Rute Menuju wisata alam Danau Toba

Saat ini telah tersedia dua bandara di dekat Danau Toba, yakni Bandara International Silangit dan Bandara Sibisa. Oleh karena itu akses udara menuju Sumatera Utara sekarang sudah cukup memadai sehingga teman-teman dapat memilih akan menggunakan maskapai apa dan mendarat di bandara apa nantinya.
Untuk pilihan transportasi melalui jalu danau, wisatawan bisa menjangkau Danau Toba melalui sembilan dermaga yang ada. Yaitu, Simanindo, Tomok, Ajibata, Tiga Ras, Ambarita, Muara, Onan Runggu, Balige, dan Sipinggan Nainggolan. Beberapa rute penyeberangan kapal yang sudah melayani penumpang yaitu, Ajibata - Tomok, Muara - Sipinggan, dan Tiga Ras - Simanindo. Dan yang terakhir, untuk akses jalur darat, teman-teman bisa menempuh jalur Kereta Danau Toba Medan - Pematang Siantar, Jalan Tol Medan - Kualanamu - Tebing TInggi dengan panjang 62 km, serta Jalan Lingkar Danau Toba sepanjang 366 km dan Jalan Lingkar Pulau Samosir sepanjang 145 km. Itulah ulasan mengenai Wisata alam danau toba. Tetap selalu waspada dan selalu ikuti aturan yang berlaku ketika anda ingin berpergian ketempat Wisata Alam.