Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Wisata Ke Bali Sendirian ! Solo Traveler Wajib Tahu !

 

Tips Wisata Ke Bali Sendirian !

Sebelum pergi berlibur kebanyakan orang tidak mencari tips ketika mengunjungi daerah tujuan wisata, Sehingga ketika sudah berada di lokasi banyak yang terkejut atau kaget akan hal-hal yang tidak diketahui. Buat kalian yang pengen liburan ke Bali sendirian Jangan lupa baca tips wisata ke Bali berikut ini sampai habis ya, karena ini bakal membantu banget.

Bali merupakan salah satu Pariwisata yang paling maju di Indonesia, tak heran jika banyak wisatawan domestik maupun mancanegara betah berlama lama di Bali. Bahkan ada wisatawan mancanegara yang sampai tinggal di Bali karena keindahannya.

Biasa disebut sebagai Pulau Dewata, Bali menyimpan banyak sumber Keindahan alam yang masuk dijadikan Industri pariwisata. Selain pantai ada juga gunung, seperti Kintamani yang selalu ramai oleh wisatawan mancanegara.

Baiklah tanpa berlama-lama lagi akan saya berikan tips penting ketika berwisata kebali sendirian.

Daftar Tips Wisata Ke Bali Sendirian untuk pemula

1. Persiapkan biaya traveling ke bali

Kalau ini sih sudah pasti kalian punya ya, karena kalau udah niat apapun pasti keturutan. Untuk Biaya traveling ke bali ini cukup beragam, karena tergantung berapa lama kalian akan tinggal disana, Kalau dulu saya 4 hari 3 malam habis sekitar 3,8 Juta, Mahal kan? Iyalah tiket pesawat PP dari Kalimantan transit ke Surabaya jadi mahal.

Kemungkinan jika Kalian berada di pulau jawa itu lebih murah kok. Silahkan persiapkan dana apa saja yang kalian butuh kan, Seperti Transportasi, Akomodasi, Makan, dan lainnya. Saya sarankan jika kalian sudah menghitung biaya nya pas untuk kebutuhan, lebih baik di tambahkan sedikit atau 5% dari dana yang sudah kalian hitung, karena kita tidak akan tau ada hal apa yang bakal terjadi. Anggap saja sebagai Biaya tak terduga.

2. Pilih Transportasi Wisata

Untuk Transportasi seperti yang saya katakan di atas jika kalian berada di pulau jawa lebih baik Ikut jasa travel atau Bis, karena lebih menghemat biaya daripada kalian naik pesawat sekali terbang bisa 1,6 juta.

Tapi kalau merasa budgetnya cukup silahkan naik pesawat, karena saya hanya memberikan tips liburan ke Bali Murah. Transportasi ketika di bali ini juga sangat penting. Kalian tidak perlu membawa kendaraan sendiri ketika liburan ke Bali, Karena bakal bingung sama daerahnya apalagi ketika macet. Di sana sudah ada jasa sewa motor jadi kalian gak perlu khawatir gak bisa jalan-jalan disana.

3. Akomodasi/Tempat Menginap di bali

Akomodasi menjadi hal yang sangat penting ketika berlibur ke Bali sendirian ataupun rombongan. Karena ini sangat mempengaruhi biaya yang akan dikeluarkan selama di Bali.

Pilih tempat yang ramai untuk menginap seperti di Legian Bali. Kenapa saya sarankan disana? Karena fasilitasnya lengkap, mulai dari Hotel, Mini market, Bar, Mall, dan yang terpenting dekat dengan Pantai Kuta. Semakin dekat tempat kita menginap dengan destinasi wisata, semakin murah pula biaya yang akan kita keluarkan untuk berpergian. 

Jika kalian ingin mencari penginapan murah, disekitar gang poppies 1 dan 2, atau gang kecil lainnya ada banyak Hotel kecil yang permalamnya sekitar 300 ribu an. Atau mau yang lebih murah lagi? Coba masuk ke gang kecil di sekitaran jalan raya kuta dan jalan raya tuban, disana ada banyak hotel seperti kost an yang permalam nya Cuma 150 ribu, murah banget.

Kalau punya budget lebih silahkan mencari Hotel, Kalau saya dulu di Hotel J4 sekitar 600 ribu semalamnya. Kiri kanan nya dikelilingi Club malam dan cukup 10 menit saja jalan kaki ke pantai Kuta.

4. Pilih Waktu Berlibur

Tips penting wisata ke Bali lainnya adalah menentukan waktu Liburan, karena bakal kerepotan sendiri ketika sudah disana. Jadi Kapan Waktu Terbaik Liburan ke Bali? Yaitu Hindari Musim Hujan dan Musim Ramai.

Sebenarnya untuk liburan ke Bali hampir sepanjang tahun adalah waktu terbaik untuk Mengunjungi Bali, Tetapi ada baiknya jika kalian tidak berkunjung di musim hujan. Dari pengalaman saya, saat berwisata di Bali waktu itu adalah musim kemarau, tetapi sudah memasuki musim hujan atau sekitar bulan November, Pemandangan jika musim hujan tidak terlalu menarik di bagian pantai, karena Airnya berubah agak kecoklatan dan kadang ada sampah.

Jadi saya sarankan kalian berkunjung di musim kemarau supaya dapat menikmati keindahan Alam di pulau dewata. Selain Faktor Cuaca Hindari Musim Ramai, Kenapa? Emang kalian mau kalau disuruh bayar lebih? Tujuan saya adalah memberikan tips wisata ke bali murah,   Karena pada High Season biasanya Semua Harga pada naik.

Seperti tiket pesawat, Kapal, Kamar Hotel, Makan, Objek wisata, Dan sewa kendaraan. Biasanya Naik sekitar 25%-40%. Jadi kalau mau ke Bali jangan High Season ya. High season biasanya ketika Libur panjang seperti Lebaran, Natal, dan Tahun baru.

5. Coba Kunjungi Aktivitas Wisata Gratis

Wisata ke bali tidak selalu mahal ada banyak tempat Wisata Gratis di Bali, Jadi kalian bisa lebih hemat ketika berlibur.

Banyak orang yang ingin liburan ke bali biasanya tehambat oleh Biaya yang mahal. Tapi iya memang tidak sepenuhnya salah, Jika kalian mengunjungi di musim high season sudah pasti mahal. Tenang masih ada wisata Gratis di bali seperti Pantai sanur, Disana tempat terbaik untuk menikmati sunset.

6. Oleh-oleh di bali

Tips wisata bali berikutnya adalah membeli oleh-oleh. Iya nggak adil dong ya kalau udah liburan tapi pulang nggak bawa oleh-oleh. Tips Penting saat membeli oleh-oleh di Bali ini ada beberapa yang akan saya berikan supaya kalian tidak rugi.

Pertama Hindari untuk membeli oleh-oleh di sekitar objek wisata, Kenapa? Karena harganya tinggi bisa 3x lipat harga asli. Seperti pengalaman saya membeli gantungan kunci yang bentuknya unik kecil dan harganya sekitar 20 ribuan per bijinya.

Dan yang buat saya kaget adalah, ketika saya mengunjungi pusat oleh-oleh bali seperti Kresna dan Joger, betapa terkejutnya saya kalau gantungan kunci ini harganya adalah 15 ribu dapat 5 biji. Bandingkan perbedaannya sangat jauh sekali.

Yang kedua adalah Hindari membeli oleh-oleh dari pedagang keliling, iya sama harganya di atas rata-rata, sebenarnya tidak salah jika mereka menjual dengan harga segitu. Kalau kalian tidak mau rugi saya sarankan untuk belanja oleh-oleh di kresna atau joger saja. Bisa juga di tanah lot ada pasar disitu lumayan murah.

Nah tadi itulah Tips Wisata Ke Bali Sendirian ! Solo Traveler Wajib Tahu ! yang mungkin bermanfaat bagi kalian, Mau Kalian ber wisata sendiri atau Bersama Keluarga Tips di atas sama saja. Tetapi jika ingin lebih hemat usahakan Ber 2 karena bisa patungan untuk menyewa kendaraan ataupun biaya penginapan hotel. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian yang ingin ber-wisata ke bali sendirian!